Have you ever searched for words to get you in their heart.. But you don’t know what to say..
And you don’t know where to start.. Have you ever closed your eyes and dreamed that they were there..
And all you can do is wait for that day when they will care..

Monday 13 October 2014

Stages of Death - Rigor Mortis



*sebagai efek dari kebanyakan nonton TV series detektif, mulai dari CSI:NY, Body of Proof, 
Bones, Castle, CSI, NCIS, sampai Meitantei Conan*






Rigor mortis berasal dari bahasa latin rigor : kekakuan, mortis : kematian, adalah tanda kematian yang paling mudah terlihat, disebabkan oleh perubahan kimia dalam tulang setelah kematian, menyebabkan anggota tubuh mayat menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan atau dimanipulasi. Pada manusia, ini terjadi setelah sekitar 3-4 jam, mencapai kekakuan maksimal setelah 12 jam, dan secara bertahap menghilang dari sekitar 24 jam setelah kematian.





Biokimia

Sel otot hidup menggunakan energi untuk memindahkan ion kalsium keluar sel. Ion kalsium yang mengalir ke dalam sel membuat jembatan sambung antara aktin dan miosin, dua tipe serabut yang bekerja bersama pada kontraksi otot. Serabut otot memendek dan memendek sampai mereka berkontraksi sempurna atau selama terdapat asetilkolin neurotransmitter dan molekul energi ATP. Namun, otot memerlukan ATP untuk membuatnya relaks dari keadaan kontraksi (ini digunakan untuk memompa kalsium keluar dari sel sehingga serabut otot dapat terlepas satu sama lainnya). Setelah kematian, pernafasan berhenti dan meniadakan oksigen pada mayat yang digunakan dalam pembuatan ATP. Cadangan ATP dengan cepat habis karena kontraksi otot dan proses sel lainnya, dan ini berarti bahwa serabut aktin dan miosin akan tetap terhubung sampai otot tersebut mulai hancur (terdekomposisi).

Tidak seperti kontraksi otot normal, setelah kematian tubuh tidak mampu menyelesaikan siklus dan melepaskan pengikatan antara miosin dan aktin, menciptakan tahapan kontraksi otot sampai hancurnya jaringan otot oleh enzim (endogen atau bakteri) selama dekomposisi. Sebagai bagian proses dekomposisi, kepala miosin diuraikan oleh enzim, menyebabkan kontraksi otot terlepas dan tubuh menjadi lemas.





Perubahan fisik

Pada saat kematian, kondisi yang disebut keadaan normal primer (primary flaccidity) terjadi. Selanjutnya, otot menjadi kaku pada tahap rigor mortis. Hal ini terjadi pada semua otot tubuh. Berawal pada 2-6 jam setelah kematian, rigor mortis dimulai dengan otot tubuh yang lebih kecil seperti kelopak mata, leher, jari dan rahang. Rigor mortis kemudian menyebar ke otot lain dalam waktu 4-6 jam, termasuk organ internal. Permulaan rigor mortis dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, kondisi fisik, dan pembentukan otot dari seseorang. Rigor mortis mungkin tidak terlihat jelas pada kebanyakan mayat bayi dan anak-anak akibat dari massa otot mereka yang lebih kecil.


Aplikasi pada patologi forensik


Tingkatan rigor mortis dapat digunakan oleh patologi forensik untuk menentukan perkiraan waktu kematian. Mayat mempertahankan posisinya saat rigor mortis terjadi. Jika tubuh dipindahkan setelah kematian, namun sebelum rigor mortis terjadi, teknik forensik seperti livor mortis dapat diterapkan. Jika posisi saat tubuh ditemukan tidak sesuai dengan lokasi ketika ditemukan (sebagai contoh, jika mayat terlentang dengan satu tangan terangkat ke atas), itu dapat diartikan bahwa seseorang telah memindahkannya. Beberapa faktor juga mempengaruhi kecepatan dari rigor mortis, dan investigator mempertimbangkannya ketika memperkirakan waktu kematian.






*dari berbagai sumber



No comments:

Post a Comment